Laman

Minggu, 04 Juni 2017

Kenalan dengan Microsoft Azure !



Microsoft Azure adalah kumpulan layanan cloud terintegrasi yang dikembangkan oleh pengembang dan profesional TI untuk membangun, menyebarkan, dan mengelola aplikasi melalui jaringan pusat data global Microsoft. Dengan Azure, para readerss bisa mendapatkan kebebasan untuk membangun dan menerapkan di manapun Anda inginkan, menggunakan alat, aplikasi, dan kerangka kerja pilihan readerss

Azure function adalah layanan komputer serverless yang memungkinkan Anda menjalankan kode on-demand tanpa harus secara eksplisit menyediakan atau mengelola infrastruktur. Gunakan Fungsi Azure untuk menjalankan skrip atau potongan kode sebagai respons terhadap berbagai peristiwa.

Azure function sendiri sekarang udah ngedukung berbagai macam bahasa pemrograman. Antara lain
ASP.NET Core, Node.js, F#, PHP, Java, dan Python. Namun untuk dukungan resmi, baru ASP.NET Core, Node.js dan F# saja.

Untuk mengakses microsoft azure bisa masuk ke portal portal.azure.com . Hanya saja sebelumnya readers harus memiliki akun terlebih dulu sebelum masuk kesini. Buat ngebuat akun tersebut bisa bikin di web nya mas microsoft (pake mas lagi :D) yaitu : http://imagine.microsoft.com/ 
Nah tapi buat readers mungkin perlu bayar nih buat akses azure ini. Sebenernya juga ada yang gratis yaitu pake beasiswa.  Tapi ini biasanya khusus buat mahasiswa sih. Nah misal masih jadi mahasiswa jangan lewatin kesempatan kalo ada pendaftaran kayak Microsoft Student Partner, dll. Itu bermanfaat banget guys buat belajar teknologinya Microsoft.



Untuk tampilan dari azure kayak diatas gitu tuh. Nah beberapa layanan yang bisa readers gunain yaitu :
  1. Compute
    1. Virtual Machines, Infrastructure as a service (IaaS) mengizinkan pengguna untuk meluncurkan general-purpose Microsoft Windows dan Linux virtual machines, sebaik preconfigured mesin gambar untuk software package yang populer.
    2. App Services, lingkungan platform as a service (PaaS) memberikan pengembang untuk secara mudah mem-publish dan memanajemen websites.
    3. Websites, high density hosting website yang mengijinkan developer untuk membangun situs menggunakan ASP.NET, PHP, Node.js, atau Python dan dapat di deploy menggunakan FTP, Git, Mercurial, Team Foundation Server atau yang di upload melalui portal user.
    4. WebJobs, aplikasi yang bisa di deploy ke Web App untuk mengimplementasikan proses background.
  2. Networking
  3. Storage
  4. Web + Mobile
    1. Azure Mobile App.
      Azure Mobile App sendiri tuh merupakan salah satu layanan yang disediain Microsoft Azure yang dikhususin buat mendukung aplikasi mobile. Dengan menggunakan azure mobile app maka pengguna nggak perlu membuat sendiri backend services secara manual. Fitur yang ada di Azure Mobile App yaitu Easy Table, Autentikasi, Push Services, dan juga kemampuan sinkronisasi secara offline (offline data sysnc).
  5. Databases
  6. Data + Analytics
  7. AI + Cognitive Services
  8. Internet of Things
  9. Enterprise Integration
  10. Security + Identity
  11. Developer Tools
  12. Monitoring + Management
  13. Add-ons
  14. Containers
  15. Blockchain

 Oke sebenernya sih masih banyak lagi, Microsoft sendiri udah nyediain banyak banget macam aplikasi yang dibutuhin buat pengembangan. Tapi sorry ane belum bisa jelasin lebih dalem lagi hehehe. Maybe next-time if I want. hehe. :D
Oke semoga bermanfaat, dan akhir kata ..
Selamat kenalan dengan Microsoft Azure !


referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Azure
www.codepolitan.com
https://azure.microsoft.com/en-us/
www.dicoding.com

source picture :
http://media.bestofmicro.com/U/J/602443/original/Cloud-Azure.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar